Kuliah Umum “Kesehatan Masyarakat sebagai Agen Promotif dan Preventif”

Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus mengadakan kuliah umum dengan judul “Kesehatan Masyarakat sebagai Agen Promotif dan Preventif“ secara daring. Kuliah umum ini terselenggara berkat kerjasama Prodi S1 Kesehatan Masyarakat dengan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat pada hari Rabu, 30 September 2020 jam 09.00-11.00 WIB. Dengan peserta kuliah umum seluruh mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, alumni, dan perwakilan instansi kesehatan di Kudus, serta beberapa mahasiswa dari universitas lain.

Kegiatan Promotif Preventif ini menjadi kunci dalam upaya menghadapi permasalahan kesehatan di Indonesia, sehingga masyarakat bisa mandiri dalam mengontrol kesehatannya. Tidak perlu menunggu menjadi tenaga kesehatan untuk memberikan kampanye tentang kesehatan, bahkan saat menjadi mahasiswa pun dapat ikut andil dalam memberikan pesan-pesan kesehatan. Apalagi dunia digital saat ini sudah berkembang dengan pesat, mahasiswa bisa menggunakan aplikasi-aplikasi di android seperti tik-tok, instagram, facebook, whatsaps, dan lain-lain untuk membagikan pesan-pesan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga Program Studi perlu membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang bagaimana cara menjadi Agen Promotif dan Preventif di bidang kesehatan.

Menghadirkan dua Narasumber Ahli yaitu Taufiq Priyo Utomo, SKM., M.Kes dari KNCV Tuberculosis Foundation Indonesia yang membahas lebih dalam tentang best practice sarjana kesehatan masyarakat dan Ervi Rachma Dewi, SKM.,M.Kes selaku Dosen Promosi Kesehatan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus yang mengulas tentang peran kesehatan masyarakat sebagai agen promotif dan preventif. Acara ini berjalan dengan lancar, para peserta kuliah umum antusias mengikuti acara ini hingga selesai.